Sabtu, 17 November 2012

Konsep Dasar Metabolisme



Untuk soal no 1 temukan jawabannya di sini
pada postingan sebelumnya telah kami cantumkan soal-soal uts mata kuliah mikrobiologi untuk semester V. selamat belajar!

Metabolisme adalah keseluruhan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh organisme. Metabolisme terdiri dari reaksi-reaksi perombakan/ penguraian (katabolisme) dan reaksi-reaksi penyususnan (Anabolisme). Reaksi di dalam tubuh dibantu oleh enzim (biokatalisator). Enzim adalah zat yang mempercepat reaksi tetapi tidak ikut bereaksi. Enzim merupakan suatu protein, bekerja secara khusus, diperlukan dalam jumlah sedikit, dapat bekerja bolak-balik (reversibel), kerjanya dipengaruhi pH, suhu, hasil akhir, dan zat pennghambat (inhibitor).
Katabolisme merupakan reaksi penguraian dari senyawa kompleks menjadi lebih sederhana. Biasanya penguraian  senyawa di dalam tubuh makhluk hidup menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Contoh katabolisme adalah respirasi, yaitu proses penguraian senyawa untuk menghasilkan energi. Respirasi yang memerlukan oksigen bebas disetrut respirasi aerobik, sedangkan respirasi yang tidak memerlukan oksigen bebas disebut respirasi anaerobik. Respirasi anaerobik misalnya fermentasi (peragian). Reaksi anaerobik lebih sederhana, tidak melalui reaksi antara, basil akhirnya berupa alkohol atau asam laktat.

image
 adalah reaksi-reaksi penyusunan dari senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Contohnya fotosintesis dan kemosintesis.Fotosintesis adalah reaksi penyusunan bahan organik (gula, amilum) dari bahan anorganik (karbondioksida, air) oleh klorofil dengan pertolongan energi matahari. Dalam fotosintesis dihasilkan gula atau amilum, oksigen, dan air Proses fotosintesis berlangsung melalui dua macam reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap
Kemosintesis adalah reaksi penyusunan bahan organik oleh sel dengan menggunakan energi dari reaksi kimia. Beberapa mikroorganisme seperti bakteri belerang, bakteri nitrit, nitrat dan besi dapat melakukan kemosintesis.
Respirasi dilakukan oleh semua makhluk hidup, baik siang ataupun malam hari. Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan hijau jika ada cahaya, baik siang maupun malam hari.

0 komentar: